Review Buku Tragedi-tragedi Paling Memilukan dalam Sejarah Islam

Sejarah Islam juga dipenuhi tragedi-tragedi mengerikan yang terjadi sejak zaman Rasulullah hingga zaman modern!




Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Buku sejarah Islam








Nenavizan.id - Sejarah Islam dimulai dari zaman Rasulullah صل الله عليه وسلم hingga sekarang. Catatan-catatan kehidupan dunia Islam yang telah melalui lebih dari 14 abad diwarnai berbagai suka dan duka.

Catatan-catatan sejarah itu membuktikan bahwa peradaban Islam juga seperti peradaban-peradaban lain yang lahir, berkembang, berjaya, mundur hingga terbelakang. Misalnya, bagaimana perjuangan Nabi Muhammad صل الله عليه وسلم bersama keluarga dan para sahabat setia membela dan menyebarkan Islam.

Sebagian mereka kehilangan nyawa karena disiksa dan dibunuh. Bahkan syuhada pertama adalah seorang perempuan bernama Sumayyah binti Khabath رضي الله عنها yang dibunuh oleh Abu Jahal dengan tombaknya.

Sejarah kelam dari dunia Islam tertulis di banyak buku seperti buku "Islam Yes, Khilafah No" (2018) karya Dr. H. Nadirsyah Hosen, LLM, MA (Hons), Ph.D. Buku sejarah Islam yang layak kamu baca lainnya adalah buku berjudul "Tragedi-tragedi Paling Memilukan dalam Sejarah Islam" karya Muhammad Zulian Alfarizi" (2021).






Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Data tentang nama penulis dan penerbitnya







✔️ Judul: Tragedi-tragedi Paling Memilukan dalam Sejarah Islam

✔️ Penulis: Muhammad Zulian Alfarizi

✔️ Editor: Yanuar Arifin

✔️ Tata sampul: Alfin Rizal

✔️ Tata isi: Atika

✔️ Cetakan: Pertama, 2021

✔️ Penerbit: Laksana

✔️ Ukuran: 14 X 20 cm

✔️ ISBN: 978-623-327-205-6

✔️ Harga: Rp. 60.000 di Gramedia

Buku ini merangkum 20 tragedi dalam sejarah Islam dari Rasulullah yang terusir dari kampung halaman hingga Tragedi Priok (1984) di Jakarta. Dari 20 peristiwa kelam yang terangkum di buku ini, belasan tragedi karena kekuasaan.

Misalnya, pasukan bajingan Bani Umayyah pimpinan Muawiyah bin Abu Sufyan memberontak terhadap pemerintahan sah Ali bin Abi Thalib dan Hasan bin Ali رضي الله عنهم karena mereka ingin merebut kekuasaan mengatasnamakan kematian Utsman bin Affan رضي الله عنه yang dibunuh oleh para pendemo.

Begitu juga dengan pemberontakan, perang saudara, dan pembunuhan yang melekat sepanjang sejarah Abbasiyah (750-1258) dan Utsmaniyah (1299-1922).







Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Cover belakang buku sejarah Islam







Buku sejarah Islam yang ditulis oleh Muhammad Zulian Alfarizi layak kamu baca karena berdasarakan sumber-sumber terpercaya. Sebuah buku yang membuat sang pembaca harus bersikap bijak dan mengambil hikmah dari peristiwa-peristiwa masa lalu.

Menurut kamu, bagaimana buku sejarah ini? 🤔


Baca juga:








Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Ingatlah!

Berkomentarlah sesuai yang kamu baca dan sopan.