Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Membacanya seperti menonton film the Da Vinci Code (2006)




Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Sampul depan buku "Sejarah Dunia yang Disembunyikan"





Nenavizan - Sejarah dimulai dalam kehidupan manusia dan manusia mengabadikan sejarah mereka dengan menulis dan bercerita.

Sejarah selalu menarik bagi saya untuk diketahui. Oleh karena itu, saya sering membeli buku-buku sejarah agar saya membaca dan paham.

Kali ini saya mau mengulas salah satu buku karya Jonathan Black yang laku keras dan kontroversial.

✔️ Judul: Sejarah Dunia yang Disembunyikan

✔️ Penulis: Jonathan Black

✔️ Penerjemah: Isma B. Soekato dan Adi Toha

✔️ Editor: Nunung Wiyati

✔️ Penyelia: Chaerul Arif

✔️ Proofreader: Arif Syarwani

✔️ Desain sampul: Ujang Prayana

✔️ Tata letak: Priyanto

✔️ Ukuran: 15 x 23 cm

✔️ Tebal: 636 halaman

✔️ Cetakan 17: Januari 2020

✔️ Penerbit: PT Pustaka Alvabet (anggota IKAPI)

✔️ ISBN: 978-602-9193-67-1

Banyak orang mengatakan bahwa sejarah ditulis oleh para pemenang. Hal ini sama sekali tak mengejutkan alias wajar belaka. Tetapi, bagaimana jika sejarah -- atau apa yang kita ketahui sebagai sejarah -- ditulis oleh orang yang salah? Bagaimana jika semua yang telah kita ketahui hanyalah bagian dari cerita yang salah tersebut?

Dalam buku kontroversial yang sangat tersohor ini, Jonathan Black mengupas  secara tajam penelusurannya yang brilian tentang misteri sejarah dunia. Dari mitologi Yunani dan Mesir kuno sampai cerita rakyat Yahudi, dari kultus Kristiani sampai Freemason, dari Karel Agung sampai Don Quixote, dari George Washington sampai Hitler, dan dari pewahyuan Muhammad hingga legenda seribu Satu Malam, Jonathan menunjukkan bahwa pengetahuan sejarah yang terlanjur mapan perlu dipikirkan kembali secara revolusioner. Dengan pengetahuan alternatif ihwal sejarah dunia selama lebih dari 3.000 tahun dia mengungkap banyak rahasia besar yang selama ini disembunyikan. Buku ini akan membuat Anda mempertanyakan kembali segala sesuatu yang telah diajarkan kepada Anda. Dan, berbagai pengetahuan baru yang diungkapkan sang penulis benar-benar akan membuk dan mencerahkan wawasan Anda.

Cover Depan


Sampul bagian depan buku "Sejarah Dunia yang Disembunyikan" berwarna hitam dengan lingkaran kuning berisi sembilan simbol populer. Semua logo kuno tersebut adalah Swastika (Hindu), tulang silang dan tengkorak (kematian/zat beracun/berbahaya), Freemason, Talmud, Bintang Daud (Yahudi), Salib (Kristen), Ankh (Salib Mesir kuno bermakna keabadian), dan mata Horus (dewa matahari Mesir kuno) juga bulan sabit dan bintang (Islam).

Lalu di bawah lingkaran besar ada testimoni dari San Francisco Gate. Portal berita berbasis di San Francisco itu menyatakan "Senilai seluruh perpustakaan dalam satu buku" untuk menggambarkan kelengkapan uraian sejarah oleh Jonathan Black.

Kemungkinan besar warna hitam dipilih sebagai sampul untuk mengimajinasikan bahwa sejarah yang belum terungkap itu gelap dan penuh teka-teki membingungkan sampai sang penulis menjelaskan sejarah yang menurutnya ditutupi oleh kelompok rahasia lintas generasi.

Cover Belakang


Sinopsis singkat buku "Sejarah Dunia yang Disembunyikan" tertulis di sampul belakang ditambah pendapat bagus dari Graham Hancock, Roger Lews dari Daily Express, dan Patricia Scanlon.

Isi Buku


Isi buku "Sejarah Dunia yang Disembunyikan" adalah seputar sejarah berbagai peradaban kuno beserta pemikiran dan sesembahan mereka yang tidak terlalu dibahas secara mendalam di buku-buku sejarah. Tapi warisan-warisan mereka masih memengaruhi peradaban modern.

Buku yang memiliki halaman sebanyak 600 lebih ini juga mengungkap bagaimana agama-agama populer dipengaruhi juga oleh beberapa kebudayaan klasik. Kepercayaan dan keyakinan orang-orang yang hidup ribuan tahun lalu masih berpengaruh di era sekarang walau kita lebih mengutamakan kemajuan sains dan teknologi.




Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Salah satu ilustrasi di buku "Sejarah Dunia yang Disembunyikan"




Kelebihan


✍️ Banyak istilah aneh di buku yang bikin bingung dan mengerutkan dahi seperti filsafat esoteris, Rosikrusian, Stoikisme, okultis, kabalah, Kristen esoteris, entah apakah salah penerjemahan atau istilah-istilah tersebut memang berasal dari buku karya Jonathan Black. Jadi para pembaca pasti berpikir keras untuk memahami semua istilah yang dipakai di buku tersebut.

✍️ Membahas sejarah berbagi peradaban kuno di Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika berdasarkan sudut pandang sang penulis. Jadi, kita diajak untuk ikut memahami apa yang dipahami sang penulis berdasarkan apa yang diketahuinya. Mungkin ini alasan mengapa banyak orange menganggap buku "Sejarah Dunia yang Disembunyikan" sebagai novel sejarah konspirasi.

✍️ Banyak gambar ilustrasi seperti goresan pensil di buku hitam putih

Kekurangan


✍️ Buku ini membahayakan pemikiran dan kepercayaan orang-orang beragama terhadap agama mereka karena sang penulis terkesan memandang agama merupakan ciptaan manusia yang dipengaruhi kebudayaan sebelumnya.

Di hal. 227 tertulis, "Tongkat yang digunakan Musa untuk memukul orang-orang Mesir, dan untuk mendisiplinkan rakyatnya sendiri, adalah gambaran dari ular Lucifer dari kesadaran binatang yang telah diluruskan dan ditundukkan oleh kekuatan dan sebuah disiplin moral yang sangat sulit untuk dipelihara".

Bagi orang-orang Islam, Musa adalah salah satu Nabi dan Rasul yang diutus oleh Allah. Sedangkan Lucifer, merupakan sebutan untuk makhluk misterius yang dikaitkan dengan agama Kristen.




Sumber gambar: Foto pribadi
Keterangan: Cover belakang buku "Sejarah yang Disembunyikan"





Sebenarnya buku "Sejarah Dunia yang Disembunyikan" harus dipahami dengan benar agar tidak salah paham. Kenyataannya, buku terjemahan itu masih membuat saya bingung. Bagaimana bisa kepercayaan dan keyakinan kuno yang tidak relevan, masih berpengaruh di kehidupan kita?

Baca juga:








Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Ingatlah!

Berkomentarlah sesuai yang kamu baca dan sopan.